14 September 2022

Dukung Produktivitas Nelayan Desa Kawasi, Harita Nickel Resmikan SUTAN

Harita Nickel meresmikan bangunan pondok pusat kegiatan  Sentra Usaha Tani Nelayan (SUTAN) di Desa Kawasi, Kecamatan Obi, Halmahera Selatan,  Maluku Utara, Selasa (13/9). Pusat kegiatan usaha tani nelayan tersebut dibangun dan  dilengkapi dengan dua unit cool storage berkapasitas 500 kg/unit sehingga para nelayan Desa  Kawasi bisa menyimpan hasil ikan tangkapan mereka. 

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyatakan pembangunan Sentra  Usaha Tani Nelayan Desa Kawasi ini merupakan bagian dari program Pengembangan dan  Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Harita Nickel untuk masyarakat nelayan di Desa Kawasi,  Pulau Obi. 

Stevi menjelaskan, program ini direalisasikan untuk mendukung masyarakat nelayan di Desa  Kawasi dalam hal pengelolaan ikan yang telah ditangkap. “SUTAN ini merupakan percontohan  pengelolaan skala kecil perikanan tangkap yang modern untuk membangkitkan semangat  para nelayan di Desa Kawasi dalam mencari ikan,” kata Stevi.  

Selain itu, lanjut Stevi dengan adanya fasilitas cool storage dengan kapasitas satu ton tersebut, kualitas dan kuantitas ikan hasil tangkapan para nelayan bisa terjaga dan terkontrol. “Penyediaan cool storage juga bertujuan untuk mempertahankan kualitas kesegaran daging  ikan yang ditangkap,” kata Stevi. 

Stevi mengungkapkan keberadaan beberapa perusahaan yang ada di bawah naungan Harita  Nickel dan beroperasi di Pulau Obi membutuhkan suplai ikan dalam jumlah besar untuk  konsumsi seluruh karyawan. Selama ini perusahaan menggantungkan pemenuhan kebutuhan  ikan tersebut dari 10 supplier yang juga berasal dari Desa Kawasi. Tetapi seluruh ikan masih  didatangkan dari luar Pulau Obi sehingga selain ongkos transportasi mahal sering muncul  komplain dari katering perusahaan karena kualitas ikan tidak sesuai standar.  

Hal tersebut kemudian menjadi perhatian tersendiri bagi Harita Nickel untuk mulai  memberdayakan nelayan di Desa Kawasi agar dapat ikut serta menjadi penyuplai ikan laut bagi perusahaan. “Tentunya tujuan lain dari penyediaan fasilitas ini adalah meningkatnya daya  saing para nelayan di Desa Kawasi,” kata Stevi. 

Sementara itu, pada saat peresmian tersebut, Harita Nickel juga mendatangkan perwakilan PT GDSK, salah satu vendor katering perusahaan di Pulau Obi. Ke depannya, diharapkan  nelayan Desa Kawasi dapat menjual hasil tangkapannya ke vendor katering sesuai dengan  standar kualitas perusahaan dengan harga yang bersaing. 

Sementara itu Kepala Desa Kawasi, Arifin Saroa menyampaikan ucapan terima kasihnya  kepada Harita Nickel yang sudah memberikan perhatian berupa bantuan untuk para kelompok  nelayan di desanya.  

”Terima kasih kami sampaikan kepada Harita Nickel atas dukungan dan bantuan pada warga  masyarakat Desa Kawasi. Kami berharap agar Harita Nickel selalu memberikan  pendampingan untuk pengembangan usaha warga desa Kawasi,” kata Arifin. Arifin juga menjelaskan bahwa keberadaan cool storage yang diberikan oleh Harita nantinya akan sangat  bermanfaat untuk mempertahankan kualitas ikan yang ditangkap nelayan agar tidak cepat busuk. 

Apresiasi juga disampaikan oleh Koordinator SUTAN Kawasi Utara, Imam Abadan Nomor dan  Koordinator SUTAN Kawasi Selatan, Edy Kamaraha. Keduanya bahkan berharap agar Harita  Nickel memberikan pendampingan dan kerjasama perusahaan sampai SUTAN menajdi unit usaha profesional bahkan mampu mensuplai pasar di luar Pulau Obi.

Nelayan1.jpg111

Kegiatan Peresmian Sentra Usaha Tani Nelayan (SUTAN) di Desa Kawasi, Pulau  Obi, Halmahera Selatan, Selasa (13/9).

Nelayan 750x375 1

Foto bersama tim Community Development Harita Nickel dan perwakilan warga seusai  peresmian SUTAN, Selasa (13/9).

Peresmian sutan caption nelayan desa kawasi menujukkan ikan hasil tangkapan mereka 1

Masyarakat nelayan Desa Kawasi menujukkan ikan hasil tangkapan mereka.

Sumber : indopos.co.id